Breaking News

Ini Dia Pengertian dan Tingkat Keamanan Gurah yang Penting untuk Diketahui


Ada berbagai cara pengobatan yang biasanya dilakukan untuk mengobati gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Meskipun di era modern seperti saat ini sangat mudah menemukan apotek dan membeli resep obat, namun sebagian orang tetap tidak dapat meninggalkan berbagai cara pengobatan tradisional yang dikenal ampuh mengobati berbagai jenis penyakit dengan cepat. Salah satunya adalah metode gurah yang dipercaya dapat mengobati sinus maupun rhinitis sampai ke akarnya. Bahkan, metode yang satu ini juga dinilai dapat digunakan untuk menghilangkan gangguan keputihan pada wanita.

Dalam bahasa jawa metode tersebut lebih sering disebut dengan ritual membersihkan bagian lubang hidung dan area tenggorokan. Metode yang satu ini pertama kali dipopulerkan oleh Marzuki warga Bantul, Yogyakarta pada tahun 1900 tepatnya di wilayah Giriloyo, Wukisari. Bahan utama yang dipakai pada masa itu adalah akar pohon srigunggu yang di telah melalui proses pengeringan terlebih dahulu yang kemudian digilas sampai menghasilkan busa lalu disaring menggunakan kain bersih sampai didapat cairan jernih. Langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan cairan tersebut dengan air matang dan setelah itu siap digunakan.

Penting untuk Anda ketahui bahwa pohon srigunggu yang digunakan sebagai bahan utama metode tersebut dapat ditemukan di area hutan tropis dengan cuaca hangat. Tanaman yang satu ini memang dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gangguan pernafasan, radang, rematik, dan demam. Akan tetapi, sebelum menyembuhkan penyakit yang Anda derita menggunakan metode tersebut, ada baiknya melakukan konsultasi kepada pihak yang lebih ahli dan sudah berpengalaman untuk mengetahui tingkat keamanannya.

Sebenarnya, Anda juga dapat melakukan langkah pengobatan penyakit sinus dengan cara alami selain gurah, yaitu menggunakan berbagai jenis tanaman herbal yang ada disekitar dan sangat mudah ditemukan tanpa efek samping apapun, seperti di bawah ini, antara lain:

  • Minuman jahe.

Selain memberikan efek hangat untuk tubuh, jahe sudah dikenal sejak dahulu dapat digunakan sebagai bahan utama mengobati berbagai jenis penyakit. Kandungan anti radang yang terdapat pada jahe dapat Anda manfaatkan sebagai minuman yang akan melawan infeksi dan mengurangi peradangan yang terjadi pada selaput hidung.

  • Bawang putih.

Aroma tajam dan rasa pedas yang terdapat pada bawang putih ternyata memiliki manfaat baik terutama bagi Anda yang menderita penyakit sinus. Bumbu dapur yang satu ini telah terbukti ampuh dapat meredakan infeksi sinus dengan cepat.

  • Cuka apel.

Ada berbagai kandungan vitamin penting yang terdapat pada cuka sari apel, seperti vitamin A, E, B1, B2, magnesium dan kandungan kalsium yang dinilai dapat membersihkan bagian rongga sinus sehingga ampuh mengobati berbagai gejala alergi maupun infeksi yang disebabkan oleh sinusitis.

Meskipun termasuk ke dalam jenis pengobatan alami, namun Anda tidak boleh langsung percaya dan menggunakan metode tradisional dalam mengobati penyakit sinus maupun lainnya sebelum mengetahui secara detail. Hal ini penting mengingat berbagai dampak atau efek samping yang ditimbulkan jika Anda sampai salah pilih penanganan terhadap penyakit yang sedang Anda derita.

Demikian ulasan mengenai pengertian gurah dan tingkat keamanannya yang belum banyak di ketahui. Anda dapat menjadikan ulasan di atas sebagai referensi jika saat ini sedang mencari informasi mengenai metode pengobatan tradisional tersebut. Selain itu, jika Anda atau salah satu anggota keluarga terkena penyakit sinus, maka sebaiknya memilih jenis pengobatan herbal lain yang sudah pasti aman tanpa efek samping.

Posting Komentar

0 Komentar