Breaking News

Mengenal Jenis Alergi Pada Anak


Alergi Pada Anak mungkin ini sudah pernah bunda alami, tentu jika anak sakit atau terjadi apa-apa bunda akan selalu menjadi orang yang bingung pertama kali. Mungkin saja sesekali waktu bunda Pernah menemui buah hatinya anak menunjukkan tanda-tanda alergi seperti bersin-bersin, gatal, atau munculnya ruam pada kulit? 

Perlu kita ketahui bahwa alergi ini merupakan sebagai salah satu hal yang sering dialami oleh anak-anak. Kondisi ini terjadi akibat dari tubuh yang mempunyai respon berlebihan terhadap adanya suatu zat. Ketika tubuh sedang melakukan kontak pada zat atau alergen tersebut, maka dalam hal ini akan muncul beberapa tanda-tanda alergi.

Sampai pada saat ini belum diketahui mengenai masalah penyebab alergi secara pasti, namun untuk Anda bisa mencegah alergi tersbeut muncul kembali. Berikut ini beberapa alergi yang sering terjadi pada anak dan pencegahannya:

Alergi debu
Alergi debu ini sebagai salah satu penyebab alergi yang sangat umum. Biasanya debu ini bisa Anda jumpai berada di sekitar rumah, mainan serta perlengkapan anak. Kalau anak mempunyai alergi debu, maka ibu bisa membersihkan rumah secara rutin, hal tersebut supaya tidak ada debu yang menumpuk. Kalau perlu ibu pakaikan masker ke anak pada saat anak sedang keluar rumah.

Alergi makanan
perlu juga bunda ketahui juga bahwasannya dari beberapa makanan contohnya seperti susu, ikan, dan seafood bisa juga menyebabkan alergi pada anak. Dari beberapa gejala yang timbul antara lain yaitu seperti muntah, gatal-gatal, dan sakit perut. Dari beberapa alergi makanan juga bisa mereda saat anak sedang beranjak dewasa, akan tetapi jika tetap terbawa sampai dewasa, maka sebaiknya Anda hindari makanan pemicu dari alergi tersebut.

Alergi bulu hewan peliharaan
Dari beberapa tanda alergi bulu hewan peliharaan antara lain yaitu ada sesak nafas dan gatal-gatal. Biasanya hewan yang berbulu contohnya seperti kucing atau anjing menjadi pemicunya.

Alergi dingin
Alergi dingin ini merupakan sebagai salah satu reaksi alergi kalau terpapar suhu dingin. Beberapa gejala dari alergi dingin antara lain yaitu kulit menjadi merah, bengkak serta  gatal. Anda bisa memakaikan baju yang hangat untuk anak pada saat berada di suhu yang dingin serta bisa memberikan minuman hangat untuk membuatnya merasa lebih baik.

Alergi zat kimia
Beberapa anak yang mengalami alergi zat kimia terkandung berada di dalam deterjen atau pewangi baju. Biasanya hal tersebut dapat menimbulkan ruam atau gatal yang terdapat pada seluruh tubuh. Anda bisa menggunakan deterjen atau zat pewangi yang menggunakan bahan aman dan tidak menimbulkan alergi. Selain deterjen, juga ada beberapa zat kimia contohnya seperti pestisida dan cairan pel juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada anak.

Tangani Dengan Tepat Alergi Pada Anak
Setiap alergi yang terjadi pada anak tentunya juga harus ada perawatan yang harus bunda lakukan, biasanya alergi ini bisa terjadi dan sangat lama akan kambuh kembali. Maka dari itu sangat disarankan untuk bunda sabar supaya bisa sembuh secara total dengan cara memberikan perawatan khusus pada anak.

Dengan melakukan perawatan ini diharapkan alergi yang terjadi tidak membuat anak semakin parah. Karena kalau alergi ini dibiarkan juga akan berdampak tidak baik dan bahkan semakin pada kondisi penurunan kesehatan anak. Namun untuk penanganan yang lebih lanjut Anda juga harus konsultasi dengan dokter. Demikian informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar