Breaking News

Kapan Harus Ganti Air Tangki Kipas Angin AC?


Cuaca yang terasa panas tentu akan membuat kita merasa gerah. Keringat yang muncul membuat kita merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Salah satu solusi yang sering digunakan untuk melawan hawa panas adalah dengan menggunakan alat pendigin.

Alat pendigin biasanya identik dengan menggunakan air conditioner. Padahal, masih ada alat lain yang dapat digunakan sebagai alat pendingin ruangan. Dimulai dari kipas angin biasa, kipas angin AC, air humidifier dan lain-lain.

Salah satu alat yang sedang populer adalah kipas angin AC. Meskipun tidak sepopuler air conditioner, alat ini banyak diminati oleh para pengguna alat pendingin. Kipas angin AC adalah alat elektronik yang memiliki fungsi hampir sama dengan air conditioner. Perbedaanya terletak pada bahan bakar dan cara kerjanya dari masing-masing alat tersebut. 

Air conditioner membutuhkan gas refrigerant, sedangkan kipas angin AC adalah air dan es. Air conditioner bekerja dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant pada pipa yang ditekan dan dihisap oleh kompresor. Sedangkan, kipas angin AC bekerja dengan menyedot hawa panas dan menggunakannya untuk menguapkan air yang ada pada tangki sehingga terjadi proses evaporatif. Uap tersebut kemudian dihembuskan sehingga terasa sejuk.

Kipas Angin AC
Sama seperti alat elektronik biasanya, kipas angin AC juga memerukan perawatan. Hal ini agar kipas angin AC selalu dalam keadaan bersih dan dapat berjalan dengan optimal. Salah satu perawatan yang sederhana adalah dengan mengganti air yang ada pada tangki kipas angin AC. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti air tangki kipas angin AC?

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Air Kipas Angin AC
Waktu yang tepat untuk mengganti air pada kipas angin AC adalah:

1. Ketika indikator tangki menunjukan akan hampir habis / kosong. 
Kipas angin AC biasanya memiliki indikator yang menunjukan status sisa air yang ada pada tangki. Ketika indikatornya menunjukan bahwa air akan habis atau kosong, segera matikan kipas angin AC Anda. Inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengganti atau mengisi ulang tangki air Anda.
Sebelum mengisi air, gunakan kesempatan ini untuk membersihkan tangki air. Jika Anda telah memastikan keadaan tangki bersih, maka barulah Anda mengisinya dengan air. 

2. Ketika air pada tangki terlihat kotor atau keruh
Meskipun tangki belum kosong, namun jika airnya sudah terlihat keruh atau kotor, maka segera ganti air. Isi kembali tangki dengan air bersih sampai penuh atau paling tidak sampai batas minimum yang tertera pada kipas angin AC.

3. Ketika melakukan perawatan rutin
Ketika Anda melakukan kegiatan perawatan rutin pada kipas angin AC Anda, maka jangan hanya membersihkan filternya saja, tapi bersihkan pula tangki airnya. Jika semuanya telah bersih, maka Anda bisa mengisi tangki air sampai penuh. Normalnya, Anda bisa melakukan perawatan ini sebulan sekali agar keadaan kipas angin AC selalu bersih dan air yang ada dalam tangki tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tips Melakukan Pengisian Ulang Tangki Air Kipas Angin AC
Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan pengisian ulang, yaitu sebagai berikut:
  1. Jangan gunakan air yang tidak bersih. Hal ini untuk menjaga agar pompa air tidak mudah rusak. Selain itu, air yang kotor membuat udara yang dihasilkan tidak bersih. Air yang kotor juga dapat menyebabkan udara menjadi sedikit bau. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda dalam menggunakan kipas angin AC.
  2. Jangan menunggu hingga air pada tangki habis. Perlu diperhatikan, hal ini biasanya dijadikan sebagai hal yang sepele. Padahal jika kita membiarkan tangki kipas angin AC kosong dengan model cool dalam keadaan aktif, maka pompa air akan lebih cepat rusak.
  3. Jangan melakukan pengisian ulang ketika kipas angin AC dalam keadaan tersambung dengan listrik

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk melakukan pengisian atau mengganti air pada kipas angin AC Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami cara menggunakan kipas angin AC dengan benar.

Posting Komentar

0 Komentar