Breaking News

Cara Menyusui Yang Benar Dan Praktis


Cara menyusui yang benar dan praktis memang banyak dicari oleh para ibu-ibu yang kini memiliki buah hati. Hal ini yang sering mencari yaitu untuk para ibu yang masih pertama kali melahirkan buah hati. Terkadang mereka bingung bagaimana cara menyusi bayi yang benar.

Cara Menyusui Yang Benar Dan Praktis
Cara Menyusui Yang Benar Dan Praktis
Maka dari itu kali ini kami akan berbagi mengenai cara menyusui yang benar dan praktis tersebut:
  • Pertama yaitu Anda bisa memilih posisi yang nyaman untuk ibu yang sedang menyusui. Posisi tersebut bisa ibu lakukan dengan duduk bersila diatas tempat tidur atau pada lantai, sehingga bisa menopang sandaran punggung ibu pada posisi tegak terhadap pangkuannya. Posisi menyusui dengan cara berbaring miring ini tentu saja sangat baik untuk pemberian asi jikalau ibu merasa lelah atau capek.
  • Pada saat mulut bayi terbuka secara lebar dengan posisi lidah yang kebawah, dalam hal ini ibu bisa meletakkan putting payudara kemulut bayi. Kalau bayi tersebut belum melakukannya ibu bisa menyentuhkan putting ke bibir bayi.
  • Berikutny ibu pertahankan posisi bayi yang nyaman, sehingga dalam hal ini bayi bisa menghisap dengan benar. Ibu bisa menyusui bayi selama dia mau dan ibu bisa memberikan asi dengan cara bergantian dibagian pada kedua payudara
  • Bayi yang menyusu ini kurang lebih dari 5 sampai dengan 40 menit ini tentu saja sesuai dengan kebutuhan. Kalau ibu merasa nyeri dalam menyusui ini, maka bisa melepaskan isapan bayi dengan menggunakan jari kelingking dimasukkan ke mulut bayi melalui sudut mulut atau dagu bayi ditekan ke bawah.
  • Pastikan ibu menggunakan perlengkapan yang tepat pada saat menyusui yaitu dengan menggunakan bra yang khusus mempunyai pengait atau kancing pada bagiana depan, sehingga ini bisa memudahkan ibu dalam membukanya dan menggunakan bantalan payudara (brest pad) yang dalam hal ini diselipkan pada bagian depannya bra, ini berguna untuk mencegah kebocoran dari ASI.
  • Baru kemudia setelah ibu selesai menyusui maka sebaiknya dalam hal ini putting susu dan sekitarnya dibasahi oleh asi dan kemudian dibiarkan supaya kering sendiri. Ini memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban puting susu dan kemudian bisa menyembuhkan infeksi atau luka yang ada pada puting.
  • Supaya nyaman yaitu bayi digendong tegak dengan cara besandar pada ibu kemudian menepuk punggung bayi dengan perlahan sampai bayi bisa bersendawa.

Nah itulah mengenai beberapa cara menyusui yang benar dan praktis semoga bermanfaat untuk Anda semuanya yang membutuhkan.

Posting Komentar

0 Komentar