Breaking News

Dengan Daun Salam, 8 Penyakit Ini Bisa Di Sembuhkan

Daun salam merupakan tanaman yang biasanya tumbuh di pekarangan rumah ataupun kebun. Kegunaannya sudah sangat dikenal pada jaman dulu yaitu sebagai bumbu masakan khas di Indonesia. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar. Daun salam menjadi teman dapur bagi ibu rumah tangga, namun daun salam merupakan tanaman herbal yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai tanaman obat.

Daun Salam
Seperti dilansir oleh Akusehatku.com (10/10/2013), daun salam mengaandung zat gizi maupun zat non-gizi yang disebut fitonutrien yaitu kontributor utama untuk obat asam urat, diabetes, kolesterol, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Khasiat daun salam juga dapat digunakan sebagai obat diare, sakit perut, kolesterol, maag akut sampai dibuat pasta gigi tradisional. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun salam bagi kesehatan kita.Seperti dilansir Manfaat.co.id (04/08/2014) dan Akusehatku.com (10/10/2013).

Menurunkan kolesterol dan diabetes

Daun salam dapat menurunkan kolesterol dan diabetes caranya yaitu sediakan 10 – 15 lembar daun yang segar, kemudian cuci lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara rutin agar kolesterol maupun diabetes cepat sembuh.

Mengobati kencing manis

Caranya yaitu rebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring dan tunggu sampai dingin kemudian diminum sebelum makan. Lakukan dua kali sehari supaya khasiat daun salam meresap pada tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Daun salam juga dapat menurunkan tekanan darah. Caranya gunakan 7 – 10 lembar daun yang segar, kemudian rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring lalu minum rebusan daun salam sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.

Mengobati maag akut

Bagi Anda yang menderita maag, daun salam dapat menjadi obat alami penyakit tersebut. Caranya cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula aren. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.

Mengobati diare secara alami

Daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Caranya yaitu Sediakan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Kemudian tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Minum semua air tersebut agar diare cepat sembuh.

Pengobatan Gangguan Ginjal

Daun salam dapat membantu mengobati infeksi ginjal, bahkan juga batu ginjal. Caranya yaitu dengan mendidihkan 5 gram daun salam dengan 200 ml air sampai menjadi sekitar 50 ml air. Saring dan minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

Pencegahan Kanker

Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang mempunyai sifat perlindungan serta memberikan perlawanan terhadap semua jenis kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

Pengobatan Batuk

Daun salam dapat mengobati gejala pilek, flu dan infeksi. Caranya cukup rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam. Biarkan ramuan tersebut menguap selama 10 menit. Rendam kain dalam air tersebut dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek dan batuk.

Bagi sebagian orang, untuk mengobati penyakit dapat diperoleh dengan mengkonsumsi produk herbal yang sudah banyak dijual di toko obat. Tetapi Alternatif lain Anda bisa mengolahnya sendiri menjadi ramuan herbal dengan manfaat dan khasiat yang tidak jauh berbeda. (Sumber: Ulpha)

Posting Komentar

0 Komentar